Intel STS (Science Talent Search)

Kalau kita bicara talent search di Indonesia, rasa-rasanya ga jauh-jauh dari menyanyi, menari, reality show, sulap, atraksi dan semacamnya. Nampaknya kita harus lebih banyak bercermin, media publikasi untuk talent tidak seharusnya terus-terusan berkutat di dunia entertainment. Kick Andy! dan BLACK Innovation Awards yang jadi pelopor acara yang berbau inovasi sih bagus, tapi menurutku bukan macam talent search.


Intel STS, adalah cara yang diadakan tahunan, bergelut di bidang sains di mana anak usia SMA (16-19 tahun) mempresentasikan riset yang berkaitan dengan sains. Tentunya karena sponsornya Intel, hadiahnya ga main-main.
And here’s the list of 2011’s edition: Intel STS 2011 winners.
Evan O’Dorney (17), #1. Dia melakukan riset dua algoritma untuk menentukan akar kuadrat (yang aku masih bingung itu bagaimana); hayoo, anak Ilmu Komputer ga malu sama anak 17 tahun?
Michelle Hackman (17), #2, Penelitiannya bertema ketergantungan remaja (putri) dan telepon seluler. Nah, lo?!
Matthew Miller (18), #3. Perancangan desain baling-baling turbin Pembangkit Listrik Tenaga Angin. Kali ini yang kena “apa gak malu” anak Mesin, ya?
Jenny Liu (18), #9 (cakep pula!). Penelitiannya tentang interaksi robot dan manusia yang lebih manusiawi (macam yang populer di Jepang begitu). Walau aku bukan penggiat Robotika, yet I’ve to admit it’s quite advanced robotics engineering done by teenanger.

Kalau aku? Kamu? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *